Pages

Selasa, 08 Januari 2013

Susunan Teks Pidato

1. Pembukaan
Pidato biasanya diawali dengan kata pembuka, misalnya “Assalamualaikum Wa Rahmatullahi Wabarakaatuh”, “Salam sejahtera selalu”, “merdeka “ dan sebagainya. Untuk acara-acara yang bersifat keagamaan biasanya didahului oleh pembacaan beberapa ayat suci.
2. Pendahuluan
Pendahuluan berupa ucapan terima kasih yang disampaikan kepada para undangan atas waktu/kesempatan yang telah diberikan, dan juga sedikit penjelasan mengenai pokok masalah yang akan kita uraikan dalam pidato.
3. Isi pokok
Isi pokok merupakan uraian yang menjelasklan secara terperinci, semua materi dan persoalan dalam pidato. Urutannya harus teratur dan jelas mu;ai dari awal sampai akhir.
4. Kesimpulan
Dalam naskah pidato factor kesimpulan ini sangat penting karena dengan menyimpulkan segala sesuatu yang telah dibicarakan, ditambah dengan penjelasan dan anjuran, para hadirin dapat menghayati maksud dan tujuan semua yang dibicarakannya oleh si pembicara kearea apa yang terakhir dikatakan biasanya lebih mudah dan lebih mudh diingat.
5. Harapan
Harapan merupakan sebagian dari kesimpulan, tetapi biasanya merupakan dorongan agar hadirin menaruh minat dan memberikan kesan terhadap pembicaraannya.
6. Penutup
Setiap naskah pidato biasanya diakhiri dengan penutup. Ini merupakan ucapan terima kasih atas kesediaan hadirin untuk memperhatikan isi pidato disertai salam penutup kepada para hadirin.
“Sebagai akhir kata kami ucapkan terima kasih….”.
“Wassalamualaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakaatuh”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar